Pemberantas Virus Lokal dari ANSAV

Semakin hari perkembangan virus mulai merajalela. Entah itu dari luar negeri ataupun virus lokal. Tetapi dengan beriringnya waktu (kayak puisi saja), dunia antivirus pun kian berkembang. Dari sekian banyak antivirus, saya hanya akan mencoba menguraikan tentang satu antivirus buatan anak negeri. Namanya An's Antivirus atau Ansav.

Tentang Ansav

AnsAV kependekan dari An's AntiVirus, AnsAV merupakan software (aplikasi) yang berjalan dilingkungan Windows, yang dibuat khsusus untuk menangani bermacam-macam mallware seperti virus, trojan dan spyware.

Kemampuan AnsAV hampir sama dengan Antivirus komersil, karena AnsAV hanya didesain sebagai software portabel dan bisa dijalankan tanpa perlu instalasi. Tetapi Ansav bisa juga di instalasi. Dengan penginstalan ansav, maka komputer akan dilindungi oleh ansav guard yang tidak akan berjalan bila ansav tidak dilakukan penginstalan.

Saat ini AnsAV sudah mampu mendeteksi berbagai macam virus lokal terbaru dan beberapa virus mancanegara yang banyak beredar di Indonesia, tetapi AnsAV tidak bisa diandalkan sebagai Antivirus pribadi Anda karena banyak juga virus-virus yang bisa dideteksi oleh Antivirus lain dan tidak terdeteksi oleh AnsAV, hal ini disebabkan karena keterbatasan database Antivirus (virus definition signature) yang dimiliki AnsAV yang hanya dikembangkan dalam ruang lingkup Indonesia saja (lokal support only) walaupun sudah dapat mendeteksi beberapa virus manca. Oleh karena itulah peran Anda untuk selalu mengirimkan sampel virus terbaru yang belum dapat dideteksi oleh AnsAV sangat diperlukan, agar AnsAV selalu menjadi senjata andalan Anda untuk membasmi virus khususnya virus lokal.

AnsAV dibuat menggunakan bahasa Assembly 32 bit, sehingga filenya berukuran sangat kecil, tetapi memiliki kecepatan yang tinggi, dalam suatu test menggunakan PC komputer processor AMD Athlon XP 1.5Ghz, chip ECS, RAM 512 MB, HD Seagate 7200 RPM, OS Windows XP Pro SP1, Ansav menghasilkan kecepatan checking 237 file perdetik!, tetapi kecepatan ini juga tergantung pada media yang dicek, misal kecepatan checking pada Hardisk akan berbeda dengan checking pada CD-ROM atau pada Removable media (exp. Flashdisk).

Keunggulan Ansav
  1. Ansav mempunyai interface yang baru, multi tabs untuk tiap tiap fungsi seperti scanning dan pengaturan
  2. Multi language, bahasa bisa diganti dari Inggris (default), misalnya menjadi bahasa Jawa atau bahasa indonesia
  3. Mekanisme update yang baru, auto-checking untuk new updates (online) dan offline update
  4. Tampilan dan penanganan plugin untuk Ansav (Plugin Ansav bisa memunculkan kembali hidden system yang disebabkan oleh virus)
  5. Interface Control for the New “Ansav Guard“ (Hanya ada bila Ansav dilakukan penginstalan)
  6. Tanpa Lisensi Software alias gratis
  7. Ansav dapat digunakan bersamaan dengan antivirus lain (misalnya Norman Security Suite dll)
Selama ini saya mengunakan Ansav dan Norman Security Suite dan saya rasa kerja kedua antivirus ini lumayan bagus. Bila Norman Security Suite tidak bisa mendeteksi virus lokal (bisa mendeteksi sebagian virus lokal), maka Ansav lah yang membunuh virus itu.

Sehebat - hebatnya Ansav, Tetap saja ada kekurangannya. Ansav versi terbaru tidak bisa digunakan dalam lingkungan windows vista. Jadi hanya bisa digunakan di lingkungan windows XP kebawah. Tapi tenang saja, Ansav masih bisa digunakan walaupun kita menggunakan windows vista karena Ansav versi 2.26 bisa digunakan di windows vista. Ansav versi ini juga masih bisa mengupdate database (virus signature) dari database Ansav yang terbaru.

Untuk menggunakan Ansav 2.26 anda bisa mendownloadnya Disini atau Disini untuk yang versi 2.40 + update.

Thanks to www.geocities.com

By Rattlenetwork

No comments:

Post a Comment

Berikanlah komentar anda!!
Permintaan software, revisi, dukungan, kritik, saran atau apa saja akan sangat membantu kemajuan blog ini...Thanks!!!

Email : rat_networx[add]yahoo[dot]com
YM : Rat_NetworX