Mencari Alamat IP Lokal

Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP. Bagi yang kurang mengerti tentang alamat IP tersebut, bisa membaca Antara IPv4 dan IPv6.

Nah ada kalanya kita ingin mengetahui alamat IP seseorang. Mungkin karena alamat IP tersebut mencoba mengirimkan spam ataupun membobol password anda. Tapi sekarang saya tidak akan membahas cara mengetahui alamat IP seseorang, melainkan hanya membahas cara mengetahui alamat IP anda sendiri (mungkin lain kali saja saya akan membahas tentang cara mengetahui alamat IP seseorang).

Untuk mengetahui alamat IP anda (IP ethernet Card), kita gunakan perintah ipconfig (jika anda menggunakan operasi windows 2000, XP dan Vista) atau perintah winipcfg (jika anda menggunakan operasi windows 95 dan 98). Jalankan perintah ini melalui command prompt. Jadi klik start => All programs => Accessories => Command Prompt (ini contoh di windows vista, soalnya saya pakai windows Vista. Tapi kebanyakan tempatnya sama asalkan sama - sama operasi windows). Pada contoh berikut terlihat alamat IPv4 nya adalah 88.88.88.54 dengan koneksi menggunakan HP Nokia GSM sebagai modem :

PPP Adapter Nokia GSM Phone USB Modem (OTA)

Connection-spesific DNS Suffix :
IPv4 Address ....................................... : 88.88.88.54
Subnetmask ........................................ : 255.255.255.255
Default Gateway ................................... : 0.0.0.0

Wireless LAN Adapter Wireless Network Connection :

Media State ........................................... : Media disconnected
Connection-spesific .............................
.................................................................................................dst

Nb : Alamat IP diatas hanya contoh. Bukan alamat IP yang dimiliki seseorang.

Ketika anda terkoneksi ke internet melalui dial-up ISP, line modem anda akan bertindak sebagai "ethernet" Card dan akan mendapatkan alamat IP dari provider. Jadi bisa diketahui alamat IP anda yang akan menjadikan anda dikenali di jaringan internet. Untuk anda yang memakai linux dll (keluarga *nix), anda bisa menggunakan perintah ifconfig.

Selain menggunakan perintah diatas, anda juga bisa mengetahui alamat IP dari web atau dari suatu situs tertentu. Ada banyak situs yang menawarkan untuk dapat mengetahui alamat IP anda sendiri, misalnya http://www.alamatip.com/. Dengan membuka situs tersebut, maka alamat IP anda akan tercantum di halaman situs tersebut. Tapi bagi yang menggunakan koneksi dengan Proxy, alamat IP menggunakan suatu situs tersebut tidak akan relevan atau berubah - ubah. Karena itulah menggunakan koneksi dengan proxy akan lebih aman daripada menggunakan koneksi biasa, karena orang lain akan sulit untuk mengetahui alamat IP kita sebenarnya.

Untuk kali ini, sekian dulu ya...nanti akan saya lanjutkan bila ada yang lebih menarik.

MOHON DIREVISI BILA ADA KESALAHAN ISI ATAU PENULISAN. KRITIK DAN SARAN ANDA AKAN SANGAT MEMBANTU DALAM KEMAJUAN BLOG INI.

By Rattlenetwork

8 comments:

  1. saya mau nanya neh,,
    sya pengguna windows vista tapi pas saya cek ip saya menggunakan "ipconfig",,ko tampilannya eg da yah,,
    mhon petunjuknya,,
    trimz...

    ReplyDelete
  2. @Anonim...Kamu masuk command prompt dulu, terus buka "ipconfig" seperi cara diatas. Di tampilan paling atas ada IPv4 address..nah itulah IP anda. Atau kamu bisa check lewat www.ip-adress.com

    ReplyDelete
  3. haloo.....!!!!
    saya punya masah dalam pengingatan.
    saya gammers, saya lupa pasword FERGUARD.
    gmn cara melihat pasword tersebut agar dapat masuk dalam permainan
    Email: nanang.bekasi@gamil.com

    ReplyDelete
  4. Nur Hasan > Wah ane juga gak ngerti tuh bos...jarang maen game online sih..heheh

    ReplyDelete
  5. bagus oomm...,
    main ke blog ane ya...
    http://bloglogika.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. halamanya gk bsa di simpan mas?

    ReplyDelete

Berikanlah komentar anda!!
Permintaan software, revisi, dukungan, kritik, saran atau apa saja akan sangat membantu kemajuan blog ini...Thanks!!!

Email : rat_networx[add]yahoo[dot]com
YM : Rat_NetworX