Mempercepat Koneksi dengan DNS

Pernahkah kalian mengalami koneksi yang lambat saat browsing?atau koneksi yang putus - putus? Itulah yang saya alami selama kurang lebih 1 minggu ini. Beragam cara sudah saya coba, tetapi tetap tidak membuahkan hasil. Saya juga sudah melakukan perubahan DNS server. Tentu saja beberapa DNS server dari Indosat (yang saya cari dari mbah google) sudah saya coba. Tetapi tidak berhasil juga. Untuk diketahui bahwa saya menggunakan Indosat Im3 sebagai koneksi terhandal saya. Soalnya saya banyak mendapatkan keuntungan dari Provider ini akibat bug yang mereka tinggalkan. Hehehe...!!

Kemarin saya mencoba menggunakan DNS Server untuk koneksi indosat@durasi. Setelah berhasil terkoneksi (dengan koneksi lemot dan sebagian situs yang ter firewall), saya mencoba mencari DNS alternatif untuk kartu Im3 saya. Saya mencoba mencari DNS yang terdekat dengan tempat tinggal saya sekarang. Tentunya dengan bantuan dari situs www.robtex.com. Sepertinya tidak ada hasilnya karena sepertinya daerah saya hanya terdapat route dari DNS server Jakarta. Tetap berusaha dong...

Karena hampir putus asa dan pasrah dengan koneksi yang lumayan lemot, saya mencoba menggunakan Gateway milik Indosat Mentari sebagai DNS server. DNS server di windows memakai Preferred DNS dan Alternate DNS. Nah, di Preferred DNS saya isi dengan Gateway Indosat Mentari GPRS, sedangkan di Alternate DNS saya isikan Gateway Indosat Mentari MMS. Bagaimana hasilnya?

Hasilnya cukup mantap. Koneksi saya sekarang lumayan cepat, apalagi kalau malam hari. Kemungkinan DNS server ini jarang yang dipakai karena ini adalah Gateway Indosat Mentari. Bukan DNS server. Yang pasti saya kurang mengerti tentang keduanya..

Ada beberapa DNS yang bisa kamu pakai dari hasil searching saya di mbah google. Kamu bisa mencoba - coba DNS mana yang kamu rasa paling bagus. Biasanya DNS yang paling bagus adalah jarang ada yang memakai, dekat dengan tempat tinggal kamu saat kamu browsing, dan kualitas DNS yang memang bagus. DNS ini hanya saya gunakan untuk Indosat. Untuk DNS server yang lain, kamu bisa searching sendiri di mbah google atau kamu bisa mencoba DNS ini untuk provider yang lain.

Berikut ini daftar DNS hasil searching saya di mbah google :

Gateway GPRS Mentari :
202.152.162.250

Gateway MMS Mentari :
202.152.162.88

OpenDNS
208.67.222.222 (primary)
208.67.220.220 (secondary)

Awari
203.142.83.200 (primary)
203.34.118.10 (primary)
203.34.118.12 (secondary)

Singnet
165.21.83.88

Lintas Artha
202.152.0.2 (primary)
202.152.5.36 (secondary)

CBN
202.158.3.7 (primary)
202.158.3.6 (secondary)

VNSC
4.2.2.1 (primary)
4.2.2.2 (primary)
4.2.2.3 (primary)
4.2.2.4 (primary)
4.2.2.5 (primary)
4.2.2.6 (primary)

Sijiwae Net
202.134.0.155 (primary)
202.134.2.5 (secondary)

DNS yang saya dapat ketika saya koneksi melalui indosat@durasi
124.195.15.98 (primary)
124.195.15.100 (secondary)

DNS ketika koneksi melalui Indosat Im2
202.155.0.10 (primary)
202.155.0.15 (secondary)


Keterangan :
Primary adalah untuk Preferred DNS
Secondary adalah untuk Alternate DNS
Kamu juga bisa merubah keduanya (primary untuk Alternate DNS dan sebaliknya) atau menggabungkan dengan DNS lain. Tunjukkan kreatifitasmu ..!!

Tulisan ini hanya untuk pengetahuan saja dan berasal dari pengalaman. Bila ada pihak yang dirugikan, itu dilakukan secara tidak sengaja. Mohon maaf bila ada tulisan atau pengertian yang salah.

By Rattlenetwork

10 comments:

  1. post yg hebwat
    thanx yak wat ifo yg mantraaaaaaaaaaf na

    ReplyDelete
  2. Ga terlalu berpengaruh sih kalo pake Telkomsel Flash karena udah dari sononya lambat,,,, T_T

    ReplyDelete
  3. @Andryan, Ya kalo dari sana emang lambat ya kita gk bisa apa - apa lagi...Tapi mungkin masih bisa cari cara yang lain untuk mempercepatnya..!!

    ReplyDelete
  4. mas aq jg pake im3 sbgi andalan dial-up. dial-up dah tak oprek registryx, MTU, pake cable nut n TCIP optimizer, string di registry gak keitung lagi ada yg tak del, ada yg tak add, bandwitdh dah jd 0%. No" DNS dari tempt pean dah tak coba, ku bolak-balik....
    ngomong2 nih aq lom dapet bugx....bagi dong ke muhroc@gmail.com...(ktx secret)kan aq sering maen kesini....he..he..
    mas ads blocker yg bagus apa...yg gak tambah bikin lambat? ada kah?

    ReplyDelete
  5. Mas IDM sama DAP bagus mana ya? kog kayax tetep lambat (walo lebih cepat dr yg py firefox)...DAP 9 yg ku dpat dah ada patchx...tp gak bisa di set extreme speed...hrs...py account...ada gak trikx biar bsa di set jd extreme?....

    ReplyDelete
  6. Mas link x ads blocker gak ada tuh...tambah donk linkx....bahas dunk di artikel pean...(muhroc@gmail.com)

    ReplyDelete
  7. mas ziddu wis iso...(muhroc@gmail.com)...ra ruh...kog tau iso..wingi jik ra iso...jarene google 'attacker site'.opo IDM karo RapiDown sebabe yo? saiki gae DAP?????pencerahan dunk...aq ene ngemail..mas ada HDD regenerator yang free???thanks .....blog ini kuuuurrrrreeeeeeeen banget.

    ReplyDelete
  8. hadis
    ya saya coba dululah yang mana dns yang paling cepat thanx artikelnya saya coba dulu

    ReplyDelete
  9. @Hadis >> Silahkan dicoba ja..tapi kayaknya dah gk berlaku tuh DNS..dah Lama soalnya..!!

    ReplyDelete

Berikanlah komentar anda!!
Permintaan software, revisi, dukungan, kritik, saran atau apa saja akan sangat membantu kemajuan blog ini...Thanks!!!

Email : rat_networx[add]yahoo[dot]com
YM : Rat_NetworX