Cara Membagi File dengan Winrar

Apakah kalian pernah kesulitan dalam meng-copy atau mem-burning file yang ukurannya sangat besar sehingga tidak memungkinkan untuk dimasukkan dalam Flashdisk atau CD? Pernahkah kalian melihat file yang terbagi menjadi beberapa bagian dan setiap bagian bernama 1, 2, 3, ..dst dibagian akhirnya? Nah sekarang saya mencoba menjelaskannya sedikit tentang hal diatas. Tentunya ini ditujukan unutk para sahabat yang belum mengetahuinya. Bagi yang sudah mengerti, anggaplah ini sebagai pengingat kembali.

File yang mempunyai nama sebuah angka urut dibelakangnya (misalnya 1, 2, 3,..dst) biasanya adalah file yang telah dibagi atau dipecah menjadi beberapa bagian. File ini biasanya digunakan bila ingin menguploadnya dan hostingan tempat mengupload memiliki batasan ukuran file. Jadi file itu harus dipecah dahulu agar bisa di upload. Bila file tersebut tidak dipecah, maka hostingan tersebut akan menolak untuk meng-uploadnya. Pembagian / pemecahan file juga digunakan bila file tersebut terlalu besar untuk di burning pada sebuah CD atau DVD. Bila file tersebut terdiri dari banyak file yang berukuran kecil sih tidak apa - apa. Tetapi bila satu file berukuran besar, misalnya 800 MB, bagaimana caranya mem-burning? Sedangkan ukuran maksimal suatu CD hanya sekitar 700 MB saja. Memakai DVD adalah pemecahannya mengingat DVD berukuran sekitar 4,7 G. Tetapi bila PC atau Laptop kita hanya memakai CD - Room, mana bisa kita memakai DVD yang telah berisi file yang kita burning tadi? Nah sekarang bagaimana caranya memecah file yang berukuran besar tersebut?

Sebenarnya banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membagi file yang berukuran besar, misalnya HJsplit. Tetapi mungkin sebagian besar tidak mengetahui apa itu HJsplit. Untuk itu saya menggunakan aplikasi bernama Winrar yang lebih dikenal untuk mengatasinya. Kalian pasti pernah tahu apa itu Winrar karena di setiap PC atau Laptop pasti terdapat aplikasi yang bernama Winrar.Winrar adalah aplikasi yang digunakan untuk meng-compress data menjadi file yang berformat RAR. Selain itu juga dapat digunakan untuk membuka file berformat RAR. Dari sebagian hosting atau situs untuk meng-upload selalu merekomendasikan file diubah menjadi file berformat RAR dulu sebelum di upload. Salah satu keuntungan file berformat RAR adalah file tersebut jarang sekali kemasukan virus (bila file yang dirubah menjadi format RAR tersebut adalah file berformat exe). Sebagian virus seperti Worm Sality, Heur (deteksi Antivirus AVG) menyerang file yang berekstensi / berformat exe yang menjadikan file berformat exe kita ukurannya menjadi lebih besar dari semestinya. Karena ukuran file berubah, maka sebagian program yang terserang tidak bisa dijalankan lagi dan muncul pesan error. Nah dengan merubah file kita menjadi format RAR, maka file kita akan terlindungi dari ancaman virus ini. Perlu diingat, jangan merubah file yang telah terinstal (biasanya di drive C:/Program Files) dengan format RAR karena akan menyebabkan fie tersebut tidak bisa dijalankan lagi. Tetapi kamu harus merubah atau meng-compress file master kita (file induk sebelum instalasi).

Postingan ini sepertinya salah dengan judulnya ya? Tidak. Keterangan diatas hanya sedikit saran saja. Sekarang saatnya beraksi. Hehehehe....Cara memecah file adalah sebagai berikut :
  1. Tentunya kamu harus punya aplikasi Winrar. Bila belum punya, silahkan Download Winrar
  2. Setelah terdownload, restart PC atau laptop kamu
  3. Siapkan dan sorot file yang akan di pecah (bila semua file diletakkan dalam folder, sorot folder tersebut) dan klik kanan
  4. Pilih "add to archive"
  5. Tentukan nama hasil file di bawah "archive name" dan dimana kamu akan meletakkan hasilnya dengan menekan "browse" (sebelah kanan "archive name"
  6. "Archive format" saya sarankan pilihan RAR, jangan ZIP (boleh juga menggunakan zip)
  7. Pilih "compression method" dengan "normal" atau "fast" atau pilihan yang lain. Tergantung kalian.
  8. "Split to volumes, byte" adalah seberapa besar file yang akan kita pecah. Misalkan file kita ukurannya 600 MB dan kita setting "split to volumes" dengan 200 MB maka akan ada 3 file, misal file1, file2, file3. Ingat, "split to volumes" ukurannya adalah byte. 1000 Byte = 1 KB dan 1000 KB = 1 MB. Jadi bila kamu cuma mengisikan 1000000 tanpa ukuran (misalnya MB), maka otomatis akan terdeteksi sebagai 1 MB.
  9. Sekarang klik "OK" dan biarkan Winrar bekerja
  10. Sedikit saran, lebih baik kamu membagi file dengan ukuran yang tidak terlalu besar karena bila kamu meng-copy 600 MB (misal) yang terdiri dari 1 file akan memakan waktu lebih lama dari pada meng-copy sekaligus 600 MB yang terdiri dari 3 file (3 file masing - masing berukuran 200 MB).
Karena file telah terbagi, sekarang silahkan kamu upload film atau lagu kesukaan kamu ke Rapidshare, 4shared atau yang lainnya. Sertakan semua file hasil pembagian tersebut karena 1 file saja tidak ada, maka kamu tidak bisa mengekstraknya menjadi file semula. Silahkan berkreasi....!!

By Rattlenetwork

32 comments:

  1. salam sahabatku
    siip postingnya bermanfaat bagi setiap pembaca khususnya aq yg masih pemula....good luck n thnxs ya...

    ReplyDelete
  2. hmmmm, yang ini patut dicoba... hehehe...

    ReplyDelete
  3. @rihar dhana
    @Shinkun

    Thanks buat semua..!!!

    ReplyDelete
  4. Keren gan, manteb buat di coba! tengkyu

    ReplyDelete
  5. Artikel yang menarik dan sangat bermanfaat...
    Makasih sudah berbagi sahabat :D

    Sukses Selalu buat sahabat...

    ReplyDelete
  6. Infp yang bagus, akan saya coba.
    Tks ya infonya

    ReplyDelete
  7. @Black
    @Kesuksesan Hidup
    @Erik

    Silahkan dicoba bos....!!!

    ReplyDelete
  8. baru lemes nih, bener temen q bilang, top post-q dilempar habis sama google.......

    ReplyDelete
  9. nice posting...

    1. interest programming? visit my blog, read and leave comment All About Computer
    2. wannabe learn about blog, visit me Let Go Blogs

    ReplyDelete
  10. hmmm, baru bisa neh setelah baca ini blog,hhe

    ReplyDelete
  11. @Rossbaru
    @Sismadi
    @Bhogey

    Tetep semangat bos..!!

    ReplyDelete
  12. koment lagi ah...sejuk disini...good luck ya...besok dhana mau ke china salam kangenku buat kamu....

    ReplyDelete
  13. @Dhana, wah asik nih...Jangan lupa oleh2nya deh..!!

    ReplyDelete
  14. Saya sudah membagi file image yg berukuran 1,5 GB menjadi 3 file rar ukuran cd menggunakan winrar, bagaimana cara burning di cd (tidak dalam bentuk rar)

    ReplyDelete
  15. Sulismen >> Maksudnya burning di CD tidak dalam bentuk rar itu gmn?kan tinggal burning saja 3 file tuh ke CD....

    ReplyDelete
  16. Contohnya software Windows7, (sudah saya bagi menjadi beberapa file rar ukuran CD) kalo diburn di CD dalam bentuk file rar kan hanya sebagai arsip (tdk boottable atau autorun), yang saya maksud seperti itu, terima kasih atas bantuannya

    ReplyDelete
  17. Sulismen >> Kalau Operating System windows, setahu saya tidak bisa di burn ke cd, harus lewat dvd. Karena windows OS tidak bisa di splitt (dibagi) sebagai bootable cd..!!

    ReplyDelete
  18. 1. Tolong saya dikoreksi kalau salah, teman saya waktu beli notebook (OSnya Windows7) yang disertakan dalam paket adalah OS Windows7 dalam bentuk cd sebanyak 2 keping, jika os tidak bisa di split bagaimana dengan 2 keping cd tersebut?
    2. Apakah software atau program selain OS bisa di split menjadi beberapa bagian keping CD (yg sudah di split menggunakan winrar) bagaimana burning di cd sebagai autorun cd?
    Mohon penjelasannya, terimakasih

    ReplyDelete
  19. 3. Saya punya autocad yang dikemas dalam 2 keping cd autorun, bagaimana dengan hal tersebut? maaf saya masih awam, terimakasih.

    ReplyDelete
  20. Sulismen >> 1. Setahu saya OS windows tidak bisa di split. Kalau bawaan notebook, biasanya 1 cd driver dan 1 cd OS..atau semua cd driver (1 driver windows dan 1 driver linux). Tapi kalau 2 cd itu adalah split OS windows, berarti saya yang tidak tahu.

    2. Kalau aplikasi/program bisa dibuat autorun pada beberapa cd (seperti cd game). Dengan Nero bisa tapi masalahnya saya juga kurang mengerti tentang itu. Kalau ingin di split lagi (setelah pakai winrar), coba pakai tool split lain (kalau gk salah namanya HJsplit / FJsplit). Itu format akhirnya jadi .001, .002 dst..

    3. Sama dengan nomer 2.

    ReplyDelete
  21. Trimakasih, saya coba

    ReplyDelete
  22. Menarik sekali.
    Misalnya sy punya file 740mb....apa bisa di burn ke cd yg kapasitasnya 700mb?
    Apa bisa cd yg kapasitasnya 700mb diubah menjadi 800mb, kalo bisa, bagaimana caranya?
    thx.

    ReplyDelete
  23. Anonim >> Menurut saya cd dengan kapasitas 700MB tidak bisa di ubah menjadi 800 MB...tapi saya gk tahu kalau emang bsa..lebih baik file nya yang di kecilin..kalau kamu punya file ukuran 740, tentunya bisa di burn di cd ukuran 700MB, tapi dengan 2 cd...saya kurang mengerti tentang memperkecil file...coba ja compress dengan winrar..tapi biasanya file nya hanya berkurang beberapa MB saja...

    ReplyDelete
  24. kok malah di pecah pake rar, kalo image/iso ya gak jalan boz autorunnya :)

    ReplyDelete
  25. Anonim > ya memang jelas gak jalan kalau file image/iso dipecah pake rar. Tetapi ini hanya untuk membantu backup ke cd saja bos. Kalau file lebih besar ukurannya daripada kapasitas cd kan jelasnya tidak bisa di backup/burning ke cd. Kalau itu terjadi, nah cara ini baru bisa dipakai....Tapi thanks bos atas masukannya..!!

    ReplyDelete
  26. Thanks gun,,,ane gi nyari ni informasi?

    ReplyDelete
  27. gan kurang jelas penjelasannya ,, mohon d perjelas lg,,,,,,, gan penjeladsaan nya lg ,,m ya thank awak aermady ,,, madiun

    ReplyDelete
  28. Anonim > Mana yang kurang jelas gan....? Silahkan tanya kurang jelasnya lewat YM atau comment disini....

    ReplyDelete
  29. terima kasih banyak^^akhirnya bisa memecah" file=D
    sankyuuu~ Admin!^.-postingan sangat bermanfaat!

    ReplyDelete
  30. Saya rey, @rey_dawson
    saya berterima kasih banget sama admin blog ini..
    saya lagi di warnet, jadi saya punya game, terdiri dari cd 1,cd2,dan cd3..
    cd 1 saya rusak.. karna saya gak punya biaya, saya download aja di internet yg cd 1 nya... tapi selesai download.. ukurannya terlalu besar dari dlashdisk saya.. makanya saya udah search cara compress di internet tapi tetep gak ketemu.. eh akhirnya saya menemukan blog ini/... saya punya ide buat hp saya menjadi tambahan memeory karna file nya bisa dibagi makasih banget yaaa :D

    ReplyDelete

Berikanlah komentar anda!!
Permintaan software, revisi, dukungan, kritik, saran atau apa saja akan sangat membantu kemajuan blog ini...Thanks!!!

Email : rat_networx[add]yahoo[dot]com
YM : Rat_NetworX