Membantai Keylogger

Wah sudah lama nih tidak memposting sesuatu. Lagi repot sih nggak juga, tapi ya repot juga. Bingung gak sih..Hehehe. Soalnya ada pekerjaan benerin laptop, tapi saya tunda - tunda. Lagi malas. Jadi untuk saat ini bisa memposting sesuatu. Ketahuan deh malasnya...

Basa basi terus nih, mulai ke pembahasan deh. Sekarang kita akan membahas tentang membasmi keylogger. Tahu tentang keylogger kan? Kalau belum mengerti bisa mencari di mbah google. Lagi malas jelasin nih. Ketahuan lagi malasnya deh. Saya jelasin sedikit deh tentang Keylogger. Keylogger adalah program yang bisa mencatat setiap ketikan keyboard dari suatu komputer. Biasanya program ini digunakan untuk mengetahui password dari pengguna. Bila kamu mengetikkan kata "aku" misalnya. Nah keylogger pun akan mencatat ketikkan keyboard kita tadi, yaitu "aku". Hebat gak tuh program. Apalagi bila tuh program dimasukkan ke dalam komputer warnet, wah bisa panen password tuh si tukang usil. Untung saja saya bukan orang seperti itu. Kalo password yang tercatat itu password email atau password forum sih sudah biasa (walaupun tetap berbahaya). Nah, bila yang tercatat itu berhubungan dengan uang, bisa beraabe juga kan. Misalnya password Paypal atau bisnis online kamu. Huah, bangkrut deh usaha kita selama bertahun - tahun. Apalagi kalau sudah melakukan transaksi jual beli online. Tambah sengsara kita.

Berikut ini akan saya bantu sedikit tentang membasmi Keylogger sehingga password kamu akan aman sedikit. Kenapa saya bilang sedikit? Karena ada banyak cara untuk mencari password korban selain dengan Keylogger. Berikut ini kiat - kiatnya :
  1. Menghapus File induk pemicu program. Misalkan program yang dijalankan adalah program Keylogger bernama KEYLOGGER.exe. Nah, kamu tinggal menghapus deh tuh program. Biasanya program diletakkan di drive C:/Windows/System32/. Tetapi kesulitan disini adalah bila Keylogger tersebut diberi nama Netstat.exe misalnya atau cmd.exe yang notabene adalah program Windows itu sendiri. Kalau itu dihapus, kita tidak akan bisa menjalankan perintah di command prompt lagi. Walaupun sebelumnya memang tidak bisa karena cmd.exe telah dihapus dan diganti Keylogger dengan file bernama cmd.exe. Maka berhati - hatilah bila windows memunculkan sesuatu yang tidak semestinya saat kita mengeksekusi program. Kamu juga bisa menampilkan proses yang berjalan di windows dengan Hijackthis (untuk mendownload bisa dilihat di daftar Free Software Full disamping) dan selanjutnya menghapus file yang berjalan di windows yang sepertinya file Keylogger atau program yang membahayakan lainnya.
  2. Menonaktifkan dengan Msconfig. Maksudnya disini adalah menghentikan program Keylogger agar tidak berjalan (Autorun). Klik saja Start > Run kemudian ketikkan msconfig. Pilih tab startup dan cari program Keylogger tersebut. Hilangkan centangnya dan OK. Kelemahan disini adalah bila program Keylogger tersebut tidak ditampilkan pada menu startup. Kalau ini terjadi kita tidak bisa menghentikan proses melalui cara ini. Tetapi kamu masih bisa memodifikasinya selain di tab StartUp. Misalnya di tab WIN.INI atau SYSTEM.INI. Tinggal bagaimana kamu berkreasi.
  3. Mengedit langsung di Registry. Jadi kita langsung menghapus program melalui registry. Aktifkan Regedit (Start > Run > ketikkan regedit). Setelah regedit aktif, pergilah ke lokasi "HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\Current Version\RunService". Nah dikotak kanan akan tampil program Ketlogger yang berjalan. Kamu tinggal sorot ke program itu, klik kanan dan delete. Dengan menghapus string tersebut, registry telah kita lumpuhkan. Kelemahannya adalah tidak semua Keylogger menyimpan registrinya disitu. Namun cara ini masih bisa dipakai dengan sedikit modifikasi yang intinya menghentikan proses pemicu program tersebut. Lokasi registry lainnya yang memungkinkan registry Keylogger tersimpan adalah "HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\Current Version\Run", "HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\Current Version\RunOnce", "HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\Current Version\RunOneEx", "HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\Current Version\RunServiceOnce"
Nah itu dia kiat - kiatnya untuk membasmi Keylogger. Tetapi semakin bervariasinya suatu program, cara diatas tidak 100% berhasil. Tetapi tetap bisa dijadikan acuan untuk langkah selanjutnya. Sedikit saran saja, berhati- hatilah bila ke warnet. Jangan membuka situs yang berisikan data - data penting kita sebelum memastikan komputer yang kita pakai aman dari ancaman Keylogger, Trojan atau program berbahaya lainnya. Seperti kalian ketahui bahwa sekarang telah ada Keylogger yang bisa mencatat ketikkan keyboard walaupun kita telah menggunakan keyboard virtual. Dan warnet adalah sasaran empuk untuk kita melakukan panen password ataupun melakukan program hacking. Karena sampai saat ini saya belum pernah mengetahui warnet yang menuliskan data - data kita seperti nama atau alamat sebelum menggunakan komputernya. Jadi kita akan tetap aman menggunakan warnet sebagai bahan ujicoba atau melakukan kegiatan berbahaya seperti hacking...

Oh ya, Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi yang menjalankannya. Mohon Maaf Lahir dan Batin. Terutama bagi semua pihak yang komputernya atau situsnya saya jadikan percobaan (cuma mencoba dan tidak merusak atau merubah apa - apa lho)...Salam persahabatan. Salam - salaman yuk...!!!

By Rattlenetwork

6 comments:

  1. pertamaaaxxx

    info yang menarik sob... cz email ku pernah d acak2 orang, mungkin karena Keylogger.. padah aq ngarasa blm pernah buka email, pas ta buka ko' kelihatannya udah d baca email ku

    ReplyDelete
  2. Ya mungkin emang kena hack bos emailmu. Apalagi bila OL diwarnet. Wah sasaran empuk tuh...Hati - hati saja bos..!!

    ReplyDelete
  3. wah... hebat informasinya..
    salam
    mohon maaf lahir bathin my site

    ReplyDelete
  4. sep pasword game gwe juga pernah kena hack gara-gara key logger.frustasi ud cape cape naekin lvl,di ambil gitu aja..sekarang saya sudah tau cara mengatasinya.thanx

    ReplyDelete
  5. Thanks semua dukungannya,,,MINAL AIDZIN WALFAIDZIN MOHON MAAF LAHIR BATHIN ya buat semua..!!

    ReplyDelete
  6. wach thank berat atas informasinya bos...jadi ngeh nich kalau ada yg beginian (dasar gapteker)...

    ReplyDelete

Berikanlah komentar anda!!
Permintaan software, revisi, dukungan, kritik, saran atau apa saja akan sangat membantu kemajuan blog ini...Thanks!!!

Email : rat_networx[add]yahoo[dot]com
YM : Rat_NetworX