Implikasi dan Kesalahan yang dilakukan Blogger

Banyak blogger yg ingin mendapatkan income dari blogging. Satu hal yg saya sarankan adalah sebelum memasang iklan di blog anda, sediakan sedikit waktu utk berpikir apakah mendapatkan uang dari blog adalah tepat bagi anda.

Mungkin anda berpikir bahwa itu adalah pertanyaan bodoh (apa yang salah dengan memperoleh uang melalui blog? ) Pertanyaan ini patut anda tanyakan...

Tidak semua blog cocok digunakan untuk mencari uang.

Apakah itu cocok dengan tujuan blog anda? Bagi para bloger, saya menyarankan anda utk membuat tujuan, strategi dan visi bagi blog anda. Ada banyak alasan mengapa orang membuat blog dan motivasi atas uang hanya salah satu dari sekian alasan. Berikut adalah alasan yang mungkin memotivasi orang untuk membuat blog :

* Untuk tujuan rekreasi - membantu untuk relax
* Salah satu bagian rencana untuk mendominasi dunia
* Untuk membantu mempromosikan buku/ bisnis
* Sebagai catatan harian / diary
* Untuk membantu orang lain
* Kesepian dan ingin berhubungan dengan orang lain
* Untuk mendapatkan gadis cantik / pria ganteng
* Untuk kesenangan
* Keinginan untuk dikenal
* Sebagai bagian dari gaya hidup / tren

Tidak ada salahnya membuat blog dengan alasan lebih dari satu,tapi pertimbangan untuk menambahkan sumber pendapatan pada blogger, anda perlu mempertimbangkan bahwa ada implikasi2 yg MUNGKIN mempengaruhi tujuan2 yang lain.

Saya akan sharing beberapa skenario bahwa menambah iklan pada blog bukanlah ide yg bagus. Skenario ini mungkin terjadi pada beberapa blogger dan anda dapat menambahkannya melalui comment (saya akan sangat menghargainya dan berterimakasih) :

Scenario 1 : Blog Bisnis - Ada seorang blogger yg menambahkan iklan kata2 ke blog bisnis nya (blog yang tujuan utamanya adalah mempromosikan jasa bisnis nya) dan menemukan fakta bahwa iklan yg muncul malah mempromosikan bisnis saingan nya. Dia bisa saja mem-blok iklan yg tidak diinginkan, tapi itu tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada iklan baru yang juga merupakan saingan nya akan muncul lagi. Pada akhirnya dia merasa lebih baik menghilangkan iklan2 tersebut dan mem fokuskan pada diri nya sendiri.

Scenario 2 : Ketidaksenangan para pembaca - Pernah ada kasus seorang blogger wanita yg menambahkan iklan yg berdasarkan impression / klik dan hal itu menyebabkan protesnya para pembaca blognya karena merasa terganggu oleh adanya iklan2 yg dipasang.

Scenario 3 : Obsesi atas uang - Mungkin contoh yg paling menyedihkan yg terpikirkan oleh sy adalah seorang blogger yg sukses menjalankan blog yg sangat menarik dan lumayan sukses, kemudian terobsesi untuk "mendapatkan uang melalui blog" begitu hebatnya sehingga berakhir dengan "membunuh" blog nya. Akhirnya banyak postingan yg dihapus dari "archives" nya (yg mana tidak berpotensi menghasilkan uang) dan menaruh begitu banyak iklan sehingga sangat sulit untuk menemukan isi utama postingannya. Dia akhirnya juga hanya menulis topik yg dipikirnya "menghasilkan". Dengan melakukan hal ini, dia kehilangan sebagian besar pembaca setianya dan berakhir dengan blognya yg menyedihkan. Keserakahan telah menguasai dirinya.

Skenario 4 : Pendapatan yg rendah dan ketidaksesuaian - Iklan akan memakan sebagian tempat dari blog anda. Jika uang yg didapatkan tidak sesuai dengan space yg anda sediakan, maka itu tidak ada gunanya. Juga terkadang ada kendala dari bahasa yg dipakai atau ketidaksesuaian antara tipe iklan yg dipakai dengan topik yg ditulis sehingga iklan yg muncul terbatas, bahkan membuat blog anda nampak "kacau"

Skenario 5 : Reputasi - Contoh sy yg terakhir adalah seorang blogger yg melakukan blogging untuk membangun reputasinya dalam sebuah industri. Dia telah melakukan blogging selama beberapa bulan dan perlahan2 telah mulai terkenal (meskipun perjalanan masih jauh). Masalahnya mulai timbul ketika dia mulai mempromosikan produk affiliasi yg mana dia sendiri tidak paham dan (pada akhirnya dia menyadari) itu membuat para pembacanya "kabur". Dia berakhir dengan melakukan kebalikan dari apa yg menjadi tujuannya - dia menghancurkan reputasinya sendiri.

Banyak nada negatif dalam postingan kali ini, dan sy tidak ingin terjadi mis persepsi. Di lain sisi dari cerita2 para blogger yg menyadari bahwa blogging untuk uang bukanlah jawaban bagi setiap orang, masih banyak cerita2 para blogger yg menemukan cara2 lain untuk menambah income melalui blogging.

By Rattlenetwork

3 comments:

  1. permisi numpang tanya ne mas bagai mana cara memposting animasi ke blog karena saya tidak tau mas tolong bantu saya ya

    ReplyDelete
  2. Mksudnya animasi apa?Flash atau gif format?Dasarnya ya cuma upload dulu ke hosting misalnya photobucket atau imageshack...ambil link nya...kemudian baru masukin linknya ke blog ente....Kalau masih kurang jelas, kirim email aja...

    ReplyDelete
  3. Permisi juga mass .... gmn sih cara buat menu / kolom d blog ...trm kasih

    ReplyDelete

Berikanlah komentar anda!!
Permintaan software, revisi, dukungan, kritik, saran atau apa saja akan sangat membantu kemajuan blog ini...Thanks!!!

Email : rat_networx[add]yahoo[dot]com
YM : Rat_NetworX