Slack Space

Slack space atau kadang disebut sebagai file slack adalah sebuah area di antara akhir sebuah berkas dan akhir dari cluster terakhir atau sektor yang digunakan oleh berkas yang bersangkutan.

Area tersebut merupakan area yang tidak akan digunakan lagi untuk menyimpan informasi di sana, sehingga area tersebut "terbuang" percuma.

Slack space sering terjadi pada sistem berkas yang menggunakan ukuran cluster yang besar, sementara sistem berkas yang menggunakan ukuran cluster yang kecil dapat mengorganisasikan media penyimpanan lebih efektif dan efisien.

Jumlah dari ruangan disk yang terbuang tersebut dapat dikira-kirakan dengan mengalikan jumlah berkas (termasuk di dalamnya jumlah direktori) dengan setengah ukuran dari sebuah cluster. Sebagai contoh, sebuah komputer pribadi yang menyimpan 10000 berkas di dalam sebuah sistem berkas yang menggunakan ukuran cluster 4 kilobyte kira-kira akan memiliki 10000 x 2 KB = 20000 KB. Pada sebuah file server yang besar, slack space bahkan mencapai ukuran puluhan gigabyte.


Ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk menghilangkan slack space, yakni:

* Melakukan pemformatan terhadap drive yang bersangkutan dengan cluster yang lebih kecil.
* Menggunakan sistem berkas yang mendukung fitur tail packing seperti halnya ReiserFS.
* Kompresi

o Kompresi drive: Kompresi terhadap drive dapat mengurangi slack space karena semua berkas disimpan di dalam sebuah berkas volume terkompresi, tapi bentuk ini telah dibilang sekarat karena memang banyak media penyimpanan yang berukuran besar yang semakin murah dan media-media yang kecil mulai ditinggalkan.

o Kompresi berkas: Kompresi terhadap berkas-berkas memang mengurangi penggunaan ruangan drive, tapi tidak menghilangkan slack. Lebih jauh lagi, jika berkas-berkas yang hendak dikompres lebih kecil dibandingkan dengan ukuran cluster, maka tidak akan ada penghematan yang dilakukan setelah kompresi dilakukan. Metode yang ampuh yang digunakan secara bersamaan dengan metode kompresi berkas adalah melakukan pengarsipan terhadap banyak berkas ke dalam sebuah berkas yang tekompresi (dalam rasio kira-kira 50:1). Aplikasi-aplikasi semacam WinZip, WinRAR, 7-Zip, tar -czf, merupakan contoh dari banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk metode ini.

Sedangkan Untuk membuka aplikasi semacam WinZip, Winrar, 7-Zip dll bisa menggunakan aplikasi AlZip (Bisa didownload disini). Alzip bisa membuka ataupun mengekstrak file dalam format ZIP, RAR, 7-ZIP atau yang lainnya.

By Rattlenetwork

No comments:

Post a Comment

Berikanlah komentar anda!!
Permintaan software, revisi, dukungan, kritik, saran atau apa saja akan sangat membantu kemajuan blog ini...Thanks!!!

Email : rat_networx[add]yahoo[dot]com
YM : Rat_NetworX